Sunday, November 22, 2009 ~ 0 Comments

New Moon, Twilight, dan Social Media

"New Moon" sekuel dari trilogy film Twilight yang diangkat dari novel populer karangan Stephenie Meyer telah dirilis pada tanggal 20 November 2009 di Amerika, sedangkan di Indonesia mulai perdana terbatas pada tanggal 21 November 2009. Hal yang menarik dari film ini, bukan saja hanya karena film ini ditunggu-tunggu karena sedang populer-populernya demam Twilight, tetapi bagaimana film ini juga turut meramaikan dunia Internet.

Untuk para Twihards (sebutan para penggemar Twilight), maka internet turut menjadi ajang promosi yang pastinya sangat memanjakan para Twihards ini dan dengan turut menyebarkan demam premier film barunya ini di dunia maya.

Serbuan Twilight di dunia maya salah satunya bisa dilihat pada homepage MySpace yang bertema film New Moon. Tentu saja dengan sasaran para remaja Amerika yang banyak menjadi anggota Myspace.com ini.




Tidak itu saja, MySpace juga menyiarkan live stream dari world premiere film New Moon ini. Juga tidak ketinggalan MySpace menyediakan halaman khusus http://www.myspace.com/newmoonpremiere , dimana fans akan bisa turut serta dengan memposting comments atau pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan langsung kepada para selebritis waktu diwawancarai di karpet merah. Oh ya trailer New Moon yang diputar di halaman tersebut sudah di-views sebanyak 4,2 juta kali dalam waktu 24 jam sejak ditayangkan di MySpace.




Tidak ketinggalan trending topics di Twitter menjadi sasaran deman New Moon. Berikut Screenshot yang diambil pada 21 November 2009 pukul 22an WIB.





Kalau kita lihat statistik tentang topik New Moon ini dari www.trendrr.com, kita bisa lihat twitt yang menanjak tinggi seminggu belakangan ini, demikian pula halnya dengan topik yang di-post pada blog-blog.



Terakhir YouTube yang menampilkan Spotlight tentang Twilight seperti ini: "The world is gripped by Twilight mania these days and on YouTube that translates into videos that celebrate, discuss and even mock the cultural phenomenon."


Satu lagi yang perlu dicermati adalah hasil trend pencarian selama 12 bulan terakhir untuk kata kunci "New Moon". Seperti terlihat pada grafik, terjadi peningkatan tinggi ketika trailer film New Moon ini dirilis pada 1 Juni 2009. Setelah itu mulai turun, tetapi kemudian mulai menajak kembali.Tampaknya trailer nya saja sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para Twihards ini sehingga pergerakan pencariannya cukup besar.



Inilah salah satu contoh pemanfaatan media baru sebagai media promosi yang ampuh untuk menyebarkan demam kepada suatu produk secara jitu. Kuncinya adalah menggandeng media-media yang tepat yang memiliki segmen customer yang ditarget dan juga memberikan experience yang menyeluruh yang dapat lebih mendekatkan customer dengan produk. Semua ini dapat dengan mudah dilakukan dengan teknologi sekarang ini. Inilah web 2.0.

To be  Bloggers @ MarkPlus Conference 2010
MarkPlus Conference 2010
Kamis, 10 Desember 2009, 08.00-22.00
The Ritz-Carlton Ballroom, Pacific Place, Jakarta

Referensi: http://www.webpronews.com/topnews/2009/11/20/the-twilight-saga-new-moon-takes-over-social-media

New Moon, Twilight, dan Social MediaSocialTwist Tell-a-Friend

Leave a Reply